Contoh Soal dan Kunci Jawaban Mata  Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI
Pilihan Ganda SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat




1. Anggaran biaya dalam proposal berisi...
a. Penjadwalan kegiatan
b. Informasi Usaha
c. Perkiraan dana/ tarif ✓
d. Biodata perusahaan
e. Latar belakang


2. Dari pengertian proposal yang kalian ketahui, bentuk proposal usaha haruslah dalam bentuk...
a. Tertulis ✓
b. File komputer
c. Suara
d. Produk
e. Gambar


3. Pendahuluan dalam proposal berisi...
a. Penjadwalan kegiatan
b. Informasi Usaha
c. Kriteria pelanggan
d. Biodata perusahan
e. Latar belakang ✓


4. Profil perusahaan dalam proposal berisi...
a. Penjadwalan kegiatan
b. Informasi Usaha
c. Kriteria pelanggan
d. Biodata perusahaan ✓
e. Latar belakang


5. Deskripsi analisis kebutuhan dalam proposal berisi…
a. Penjadwalan kegiatan
b. Informasi Usaha ✓
c. Kriteria pelanggan
d. Biodata perusahaan
e. Latar belakang


6. Audiens sasaran dalam proposal berisi…
a. Penjadwalan kegiatan
b. Informasi Usaha ✓
c. Kriteria pelanggan
d. Biodata perusahaan
e. Latar belakang


7. Strategi kreatif dalam proses berisi…
a. Penjadwalan kegiatan
b. Informasi Usaha
c. Kriteria pelanggan
d. Biodata perusahaan
e. Ide kreatif yang unik ✓

8. Implementasi proyek dalam proposal berisi…
a. Penjadwalan kegiatan ✓
b. Kriteria pelanggan
c. Latar belakang
d. Informasi Usaha
e. Latar belakang


9. Perhatikan urutan kerangka proposal berikut ini!
1. Pendahuluan
2. Profil Perusahaan
3. Starategi Kreatif
4. Deskripsi Analisis Kebutuhan
5. Implementasi Proyek
6. Audiens Sasaran
7. Anggaran Biaya


Dari urutan kerangka proposal diatas apabila diurutkan secara benar. Berarti...
a. 1-2-3-4-5-6-7
b. 1-2-4-6-3-5-7
c. 7-6-5-4-3-2-1
d. 2-3-1-4-6-5-7
e. 1-5-2-3-7-6-4


10. Perhatikan!
Sebuah dokumen tertulis dalam bentuk formal dan standar yang memberikan deskripsi tentang suatu rencana, rancangan, penelitian, atau pekerjaan beserta aspek-aspek yang diajukan, yang bertujuan untuk menjabarkan atau menjelaskan suatu tujuan kepada pihak pembaca (individu atau organisasi) sehingga mereka memperoleh pemahaman mengenai tujuan tersebut secara lebih rinci, yang selanjutnya diajukan untuk mendapatkan penilaian dan persetujuan, 

Adalah definisi dari...
a. Proyek
b. Skripsi
c. Sinopsis
d. Proposal ✓
e. Laporan


11. Hal yang perlu dicantumkan pada bab pendahuluan sebuah karya tulis ilmiah adalah...
a. Tujuan Penelitian ✓
b. Instrumen penelitian
c. Langkah-langkah penelitian
d. Teknik pengumpulan data
e. Daftar riwayat hidup


12. Penulisan daftar pustaka yang benar adalah...
a. R. A. Kartini. 1987. Habis Gelap terbitlah Terang. Jakarta: balai Pustaka.
b. Keraf, Gorrys. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya ✓
c. Gorrys, Keraf. 1985. Argumentasi dan Narasi. Ende Flores: Pustaka Jaya
d. Kridalaksana, Harimukti dan Kentjano, Joko, Seminar Bahasa Indonesia 1968, Ende Flores: Nusa Indah, 1971
e. Rosidi Ayip, 1977. Laut Biru Langit Biru, Pustaka Jaya, Jakarta


13. Perhatikan!
Maksud kami mengadakan kegiatan ini adalah untuk:
1). Mempererat hubungan antarsiswa di SMU ini
2). Memacu kreativitas dalam bidang fotografi
3). Membentuk kegiatan remaja yang positif.

Bagian proposal di atas termasuk...
a. Latar Belakang
b. Dasar pemikiran
c. Tujuan
d. Kepanitian
e. Anggaran ✓


14. Perhatikan topik-topik berikut :
1. otonomi daerah,
2. kearifan local,
3. pengelolaan wisata

Kalimat latar belakang yang tepat berdasarkan topik-topik karya tulis tersebut adalah...
a. Kearifan lokal akan meninggalkan kualitas otonomi daerah dan pengelolaan wisata
b. Pengelolaan pariwisata merupakan bagian dari otonomi daerah yang potensial
c. Otonomi daerah dalam peningkatan wisata perlu ditangani sungguh-sungguh
d. pelaksanaan otonomi daerah saat ini diharuskan berbasis kearifan local, diantaranya dalam mengelola wisata ✓
e. Setiap otonomi daerah harus melakukan kearifan lokal yang berpijak pada pengelolaan pariwisata


15. Perhatikan!
SMK Harapan Persada akan mengadakan lomba baca puisi antar SMA se-DKI Jakarta. Lomba ini di selenggarakan dalam rangka Bulan Bahasa tahun2020.

Tujuan yang sesuai dengan proposal tersebut adalah...
a. Meningkatkan minat baca siswa terhadap karya sastra puisi
b. Ajang mencari bibit-bibit baru yang berbakat dalam membaca puisi
c. Untuk menyambut bulan bahasa ✓
d. Untuk melahirkan penyair-penyair muda
e. Meningkatkan prestasi sekolah


16. Kalimat permintaan saran yang tepat dalam kata pengantar karya tulis adalah...
a. Penulis mengucapkan terimakasih kepada semua pihak
b. Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah swt
c. Terimakasih atas segala bantuan dari Bapak/ Ibu
d. Semua kritik dan saran saudara kami tamping
e. Penulis mohon kritik yang membangun untuk perbaikan karya tulis ini ✓


17. Perhatikan!
Penulis mengakui bahwa masih terdapat kekurangan. Oleh karena itu, demi perbaikan karya tulis ini, penulis akan menerima segala kritikan dari semua pihak.
Penulis mengucapkan terima kasih atas kritik dan saran yang diberikan.

Kutipan tersebut merupakan bagian karya tulis yang terdapat pada...
a. Pendahuluan
b. Kata pengantar ✓
c. Kesimpulan
d. Isi karya tulis
e. Latar belakang


18. Perhatikan!
Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpengaruh oleh buku ini.
Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak menarik, sebab novel ini serius dan tidak cukup menarik.

Unsur yang dominan dalam penggalan resensi di atas adalah...
a. Kelemahan
b. Kelebihan
c. Kelebihan dan Kelemahan ✓
d. Novel tersebut tidak menarik bagi remaja
e. Novel tersebut tidak bersifat menghibur


19. Identitas Buku
Judul buku       : Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia
Pengarang       : Harimurti Kridalaksana dan Haris Maulana
Tahun Terbit    : 2013
Tempat Terbit : Banda Aceh
Penerbit            : Cahaya Ilmu

Penulisan daftar pustaka yang benar untuk data buku di atas adalah...
a. Harimurti Kridalaksana dan haris maulana. 2013. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Cahaya ILmu
b. Kridalaksana, Harimurti dan Haris Maulana. 2013. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Cahaya Ilmu ✓
c. Kridalaksana, Harimurti dan Maulana, Haris. 2013. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Banda Aceh: Cahaya Ilmu
d. Kridalaksana, Harimurti dan Haris Maulana. (2013). Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Cahaya Ilmu: Banda Aceh.
e. Krisdalaksana, Harimurti dan Haris Maulana. 2013. Pembentukan Kata dalam bahasa Indonesia. Banda Aceh: Cahaya Ilmu.


20. Penulisan kutipan dari sumber tertulis yang benar adalah...
a. Pertama, komposisi program studi di kampus tidak sesuai dengan variasi kebutuhan tenaga kerja di lapangan. Kedua, terjadi degradasi mutu lulusan
b. Oleh karena itu, bekerja tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan manusia, baik secara fisik maupun psikologis.
c. Argumentasi itu tidak lain daripada usaha untuk mengajukan bukti-bukti atau menentukan kemungkinan-kemungkinan untuk menyatakan sikap atau pendapat mengenai suatu hal (Keref, 1989:3) ✓
d. Keraf (Komposisi: 1989 hal 3) menjelaskan bahwa argumentasi adalah suatu retorika yang berusaha untuk mempengaruhi sikap dan pendapat orang lain
e. Yaitu alur, penokohan, bahasa, dan simbol-simbol yang dipakai oleh pengarang (Imam Syafe’ie dan A. Syukur Ghazali, 1995 hal. 10).


21. Berikut ini yang bukan merupakan kegiatan dalam meresensi buku ialah...
a. Menyunting ✓
b. Menimbang
c. Membahas
d. Mengkritik
e. Mengungkapkan Kembali


22. Berikut merupakan kalimat yang mengungkapkan kalimat yang mengungkapkan kelemahan buku...
a. Buku ini sangat menarik, banyak sekali gambar-gambar yang menarik. Cerita yang disampaikan mudah untuk dimengerti.
b. Penulis sangat enjoy menggunakan kata-kata yang digunakan dalam membuat novel sehingga memberi kesan tidak menggurui
c. Kemunculan buku ini telah memperkaya pengetahuan bisnis khususnya untuk para pembisnis.
d. Kekuatan novel ini tidak hanya dari covernya saja yang menarik, isi perlembar dari novel ini pun sangat menarik sehingga orang yang membacanya tidak mudah bosan
e. Sayang sekali banyak sekali kata-kata yang sulit sehingga para pembaca sulit mengartikan kata ✓


23. Berikut bukan merupakan langkah-langkah menulis resensi...
a. Menentukan jenis buku yang ingin diresensi
b. Menentukan bagian paling menarik dari buku
c. Menyusun iktisar dari buku tersebut
d. Menaksir harga buku ✓
e. Membaca buku hingga halaman terakhir


24. Yang bukan merupakan unsur-unsur dalam resensi novel adalah...
a. Kepengarangan
b. Sinopsis
c. Kelemahan Novel
d. Kelebihan Novel
e. Tempat pembelian novel ✓


25. Tujuan dari resensi novel adalah...
a. Memberikan informasi kepada khalayak akan kehadiran sesuatu buku ✓
b. Mensugesti khalayak agar membaca buku-buku yang lain
c. Memberitahu khalayak manfaat dari membaca buku
d. Menyebar kekurangan dari suatu buku
e. Memaksa khalayak untuk membaca buku


26. Identitas buku meliputi sebagai berikut, kecuali...
a. Judul buku
b. Harga buku
c. Jumlah halaman
d. Penerbit
e. pengedit buku ✓


27. Yang bukan dimaksud dengan kepengarangan dalam resensi buku adalah...
a. Tentang diri pengarang buku
b. Perjalanan cinta pengarang ✓
c. Riwayat hidup pengarang
d. Karya-karyanya yang lain
e. Biografi singkat pengarang


28. Pembuat resensi disebut...
a. Resentator ✓
b. Resentor
c. Rensensist
d. Rensesiers
e. Peresensi


29. Berikut merupakan langkah-langkah dalam membuat resensi film, kecuali...
a. Mengenali film yang akan diresensi
b. Menandai bagian-bagian yang akan dijadikan sebagai kutipan dalam resensi
c. Menonton film yang akan diresensi dengan cermat
d. Membuat ikhtisar dari film yang akan diresensi
e. Menonton trailer film yang akan diresensi ✓


30. Akhir-akhir ini resensi buku juga disebut...
a. Timbangan buku
b. Pencerita buku
c. Kelemahan/Kelebihan buku
d. Pengenalan buku
e. Pencermatan buku ✓


31. Perhatikan!
Betapa apiknya Mangunwijaya meneliusuri latar keturunan tokoh Atik. Ayahnya, Pak Ansana, adalah pecinta alam. Maka, tidak mengherankan apabila anaknya, Atik kemudian menjadi ahli biologi. Atik seneng buku, Ia membuat karirnya dengan buku.
Keistimewaan Mangunwijaya lagi bahwa ia menampilkan penuturan-penuturan sesuai dengan tingkat sosial dan lingkungannya.

Masalah yang disoroti dalam penggalan resensi novel di atas adalah...
a. Kelebihan pengarang (Mangunwijaya) dalam menggambarkan latar ✓
b. Cara Mangunwijaya bercerita dalam novel
c. Latar belakang kehidupan tokoh Atik
d. Pemaparan keturunan tokoh Atik
e. Kepandaian Mangunwijaya dalam menulis cerita


32. Perhatikan!
Terlepas dari berbagai ketidaksempurnaannya, harus diakui bahwa buku pertama seorang “yogi buku” ini merupakan karya yang memikat.
Bahkan cara dan gaya pengungkapannya, dalam kadar tertentu, telah memberikan sentuhan sastra yang cukup enak dinikmati. Kita menantikan karya berikutnya.
Sumber: Majalah Matabaca, Agustus 2002.

Pernyataan yang tepat untuk penutup resensi tersebut adalah...
a. Penutup resensi buku tersebut sangat tepat.
b. Pada bagian penutup resensi buku seharusnya mengajak untuk membaca buku karena sangat bermanfaat
c. Pada bagian penutup resensi buku seharusnya mengajak pembaca untuk memikirkan, merenungkan, dan mendiskusikkan lebih ajuh fenomena atau problem yang muncul dalam sebuah buku.
d. Pada bagian penutup resensi buku seharusnya memberikan informasi atau pemahaman yang komprehensif tentang apa yang tampak dan terungkap dalam sebuah buku
e. Pada bagian penutup resensi buku seharusnya berisi uraian tentang buku itu penting untuk siapa dan mengapa. ✓


33. Perhatikan!
Novel ini membuka nuansa baru pada zamannya. Sutan Takdir Alisyahbana membawa pembaharuaan di bidang masalah yang diungkapkan.
Wanita zaman sebelumnya, adalah pengabdi dalam keluarga yang bertanggung jawab kepada rumah tangga, alias penunggu rumah. Namun Sutan Takdir Alisyahbana menampilkan kedudukan wanita setara dengan pria bekerja, aktif di luar rumah dan mengajukan kaumnya yang dieakilkan tokoh Tuti.
Tokoh ini sebagai teladan di masa sekarang dan para pelajar (Tokoh Masa Depan).

Berdasarkan data buku tersebut jika disusun sebagai kalimat resensi tentang keunggulan novel adalah…
a. Wajarlah novel Layar Terkembang wajib dibaca oleh para siswa.
b. Memang sepantasnya novel ini mendapatkan penghargaan dari dunia pendidikan
c. Masalah perjuangan emansipasi wanitalah yang membawa novel ini wajib dikenal di dunia pendidikan ✓
d. S. Takdir Alisayhbana seorang yang ahli mengemukakan permasalahan dalam dunia pendidikan
e. Memang masih jarang novel yang membahas emansipasi dan perjuangan kaum wanita


34. Perhatikan!
Cerita ini baik dan mudah ditangkap. Pengarang menyajikan masalah yang aktual dan sering kita jumpai sehari-hari. Semuanya dapat diteria akal sehat serta tidak membosankan.
Pengarang menguraikan panjang lebar karakter tokoh-tokoh nya. Jadi, cerita tidak kabur.
Sayang pengarang sering mengulang-ulang kata porno. Dalam satu buku, mungkin lebih dari empat kisah.

Kalimat resensi yang mengungkapkan keunggulan buku adalah...
a. Cerita dapat diterima akal sehat dan tidak membosankan ✓
b. Karakter tidak tergambar dengan cepat dan membaca berulang-ulang
c. Pengarang menghidupkan cerita dengan cerita porno dan menghalangi
d. Cerita diungkapkan seperti lazim nya cerita yang lain.
e. Kebosanan dapat diatasi oleh pembaca buku ini


35. Perhatikan!
 Judul           : Riwayat Nabi Daud (Raja Adil Bijaksana dan Nabi yang Mulia)
Pengarang  : Ismail Pamungkas
Penerbit       : PT Remaja Rosdakarya, Bandung
Tahun           : 1995

Setelah dibaca, ternyata buku tersebut menggunakan bahasa yang mudah dipahami.
Kalimat resensi yang tepat untuk menggabarkannya adalah...
a. Isi buku ini bercerita tentang keadilan dan kebijaksanaan Nabi Daud. Daud menjadi raja sudah kehendak dari Tuhan.
b. Bahasa yang digunakan dalam buku ini mudah dipahami dan komnikatif. Dengan demikian, pembaca dapat menikmati cerita tanpa harus berfikir keras. ✓
c. Selain menarik, kelebihan buku ini juga dilengkapi dengan gambar yang mendukung isi cerita sehingga mudah dimengerti
d. Kekurangan cerita ini hanya terletak pada kisahnya yang terlalu singkat sehingga ceritanya kurang lengkap.
e. Cerita dalam buku ini sangat menarik, dapat membuat kita seolah-olah hadir pada masa nabi terdahulu.


36. Perhatikan!
Sulit sekali menemukan kekurangan pada buku ini. Semua unsur yang seharusnya dimiliki sebuah karya fiksi terpenuhi dalam buku ini.
Bagi siswa yang tidak senang membaca karya sastra memang buku ini tidak begitu menarik sebab novel ini serius dan tidak cukup menghibur.

Masalah yang dinilai dalam penggalan resensi di atas adalah...
a. Kekurangan atau kelemahan novel tersebut
b. Keunggulan atau kelebihan novel tersebut
c. Latar belakang pengarang novel
d. Kekurangan dan kelebihan novel tersebut ✓
e. Sinopsis novel tersebut


37. Perhatikan!
“Insiden” kecil ini mewarnai karya Suwarno, yang kalau tidak salah juga merupakan disertasinya. Suwarno adalah orang Yogya.
Pendeknya, ia hidup di sana dan merasakan demikian membudaya, Suwarno mengagumi Hamengku Buwono IX. Akibatnya, buku itu over-repetitive, kurang bermutu, dan kurang perbandingan.

Penggalan resensi di atas merupakan unsur resensi yang menunjukkan...
a. Keunggulan buku
b. Isi pokok buku
c. Deskripsi buku
d. Kelemahan buku ✓
e. Identitas buku

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

Belum ada Komentar untuk "Contoh Soal dan Kunci Jawaban Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Pilihan Ganda SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel