Didirikan pada tanggal 02 Juni 2006 bertempat di Sagaranten, Kab. Sukabumi, Jawa Barat. Lebih tepatnya di Jl. Raya Cigadog KM.02, Sagaranten, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43181
   
IDENTITASSEKOLAH
NPSN 20253844
Status Negeri
Bentuk Pendidikan SMK
Status Kepemilikan Pemerintah Daerah
SK Pendirian Sekolah334
Tanggal SK Pendirian2006-06-02
SK Izin Operasional 334
Tanggal SK Izin Operasional2006-06-02

SMK Negeri 1 Sagaranten atau lebih dikenal dengan sebutan Steksa 172 pada awalnya hanya ada satu jurusan yaitu TP (Teknik Pemesinan) sampai sekarang sudah ada penambahan jurusan sampai lima jurusan. Diantaranya:
  • TP (Teknik Pemesinan)
  • TKR (Teknik Kendaraan Ringan)
  • TKJ (Teknik Komunikasi dan Jaringan)
  • TBSM (Teknik Bisnis Sepeda Motor)
  • MM (Multimedia)


Info dan Keterangan Masing-masing Jurusan di SMK Negeri 1 Sagaranten

1. Teknik Pemesinan (TP)

Teknik Pemesinan. Seperti namanya, jurusan yang satu ini akan mengupas habis tentang mesin. Mesin sendiri didefinisikan sebagai alat mekanik atau elektrik yang mengirim atau mengubah energi untuk mempermudah pekerjaan manusia" (wikipedia).

Jika disebut jurusan Teknik Mesin (PEMESINAN), mungkin yang terpikir oleh kita adalah jurusan yang isinya mempelajari mesin mobil atau motor. Itu tidak salah, tapi mesin bukan hanya itu.

Maka dari itu Program Keahlian Teknik Pemesinan membekali peserta didik dengan ketrampilan pemesinan yang meliputi: mengoperasikan mesin-mesin produksi baik
mesin Manual maupun mesin CNC (Computer Numerical Control), mesin Bubut, mesin Frais, mesin Sekrap, mesin Bor, mesin Gerinda Datar, mesin Gerinda Poros, mesin Gerinda Potong, mengasah alat-alat potong, Pengelasan dan Fabrikasi logam.

Peserta  didik  juga dibekali dengan pengetahuan membaca dan menggambar dengan teknik manual maupun dengan CAD (Computer Aidet Design).
"Perlu diingat ini tidak mempelajari ilmu otomotif"


 2. Teknik  kendaraan Ringan (TKR)

Teknik Kendaraan Ringan,  adalah ilmu yang mempelajari tentang alat-alat transportasi darat yang menggunakan mesin, terutama mobil yang mulai berkembang sebagai cabang ilmu seiring dengan diciptakannya mesin mobil.

Dalam perkembangannya, mobil semakin menjadi alat transportasi yang kompleks yang terdiri dari ribuan komponen yang tergolong dalam puluhan system dan subsistem. Oleh karena itu, Teknik Kendaraan Ringan pun berkembang menjadi ilmu yang luas dan mencakup semua system dan subsistem.

Teknik Kendaraan Ringan yang dulunya adalah Teknik Otomotif, membekali peserta didik dengan ilmu kendaraan ringan agar mampu melaksanakan perawatan dan perbaikan komponen - komponen mobil secara mandiri, merawat dan memperbaiki mobil sesuai dengan standar yang ditentukan oleh pabrik, merawat dan memperbaiki mobil pada bengkel atau perusahaan dimana tempat ia bekerja, serta menciptakan lapangan kerja baru bagi dirinya dan orang lain.


3.Teknik Komputer Jaringan (TKJ)

Teknik Komputer Jaringan merupakan sebuah kejuruan yang mempelajari tentang cara merakit komputer, mengenal dan mempelajari komponen hardware apa saja yang ada di dalam komputer, merakit komputer serta fokus mempelajari jaringan dasar.

Tidak hanya itu selama tiga tahun belajar di TKJ anda akan belajar sistem kerja jaringan dan pemograman web serta meng-administrasi komputer jaringan. Kejuruan TKJ hanya ada di STM/SMK, sampai saat ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang sangat populer dan banyak diminati selain RPL dan juga jurusan Multimedia.

Jika anda memilih jurusan TKJ maka anda akan belajar Mikrotik, Cisco, Linux dan prangkat jaringan lainnya. Membangun jaringan pada macam-macam topolog, setting ip dasar hingga memecahkan masalah pada jaringan yang error. Merakit komputer hanya bagian dasar saja, setelah itu anda akan mempelajari cara instalasi Sistem Operasi Microsft Windows dan Linux.


4.Teknik dan Bisnis Sepeda Motor (TBSM)

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tentang bagaimana merancang, membuat dan mengembangkana alat-alat transportasi  darat yang menggunakan mesin, terutama sepeda motor.

Teknik dan Bisnis Sepeda Motor menggabungkan elemen-elemen pengetahuan mekanika, listrik, elektronik, keselamatan dan lingkungan serta matematika, fisika, kimia, ipa dan manajemen.

Ruang Lingkup pekerjaan bagi lulusan Program Keahlian Teknik Sepeda Motor adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan pada jenjang SMK antara lain adalah:

  • Teknisi mekanik otomotif dalam bidang perawatan dan perbaikan kendaraan bermotor bensin.
  • Perawatan dan perbaikan chasis dan system pemindahan tenaga.
  • Perawatan dan perbaikan system kelistrikan.
  • Mampu mengelola usaha mandiri di bidang perbengkelan kendaraan sepeda motor Pegawai BUMN, TNI, Polri dan wiraswasta.


5. Multimedia

Multimedia merupakan bidang yang berkaitan dengan penggunaan berbagai media untuk menyampaikan informasi ke publik, termasuk media digital dan media cetak.

Jurusan ini umumnya sangat luas dan berkaitan dengan banyak hal, tergantung apa yang kamu minati dan dalami. Materi yang dipelajari pun sangat beragam, mulai dari televisi, ilmu film, jurnalisme, produksi video, media interaktif, hingga animasi komputer.

Selain teori, tentunya bidang ini akan memberikan praktik seperti membuat website, membuat dan mengedit video, desain grafis, membuat animasi, dan membuat konten lainnya untuk berbagai jenis media. Peluang kerja jurusan Multimedia antara lain :
  • Design Grafis
  • Game Modeler/Designer
  • Illustrator
  • Animator
  • Web Designer
  • Fotografer
  • Videografer
  • Video Editor
  • Kameraman
  • Sound Effect Maker
  • Interactive Media Designer
  • Film Maker
  • Broadcaster
  • Dan masih banyak lagi


Source: instagram @smkn1sagaranten




Related Posts

Subscribe Our Newsletter

Belum ada Komentar untuk "Steksa 172 - Info dan Keterangan Tiap Jurusan di SMK Negeri 1 Sagaranten - SMK Negeri 04 Kabupaten Sukabumi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel