Siapa yang tidak mengenal komputer, dijaman secanggih sekarang komputer banyak digunakan untuk berbagai keperluan.

Source Instagram: @robbi_haqqi

ALGORITMA
Cikal bakal komputer bermula dari sebuah penghitungan algoritma yang ditemukan oleh seorang muslim ahli matematika dari Uzbekistan yaitu Abu Abdullah Muhammad Ibn Musa Al-Khwarizmi, yang hidup pada masa 770-840 Masehi.



Dia mencetuskan suatu konsep yang menjadi kunci penalaran logika dalam dunia informatika yang dikenal dengan istilah algoritma.
Algoritma sendiri berasal dari nama panggilannya yaitu Al-Khwarizmi, atau dalam bahasa inggris dikenal dengan algorizm atau algorithm.

LOGARITMA
Selain algoritma ada juga sebuah penghitungan yang dikenal dengan istilah logaritma.
Konsep ini ditemukan oleh Jhon Napier yang lahir di puri Merchiston dekat Edinburgh Skotlandia. Pada tahun 1571, ia menemukan konsep dasar logaritma yang membawa perubahan besar dalam dunia matematika.



Pada tanggal 3 April 1618 Napier meninggal dunia dan dimakamkan di Gereja St. Cuthbert, Edinburgh.
Dua tahun setelah kematiannya, pada tahun 1619, diterbitkanlah buku yang berjudul Konstruksi dari Keindahan Logaritma (Construction of The Wonderful Logarithms). 



KALKULATOR



Siapa yang tidak mengenal alat yang satu ini, alat hitung yang sampai sekarang masih banyak digunakan.
Blaise Pascal adalah orang yang menemukan alat ini yaitu mesin hitung roda numerik yang diberi nama Pascaline.



Pada tahun 1642, dia memperkenalkan mesin penjumlahan digital yang diberi nama Pascaline.
Alat mekanik ini bekerja dengan menggunakan roda gigi. Pada tahun 1646-1716 alat ini menjadi cikal bakal pengembangan mesin hitung.

Mesin Tik
Pada tahun 1867, Christopher Latham Soles asal Milwaukee berhasil membuat mesin tik pertama yang bermanfaat dan praktis digunakan.
Sebelumnya, tahun 1714 Henry Mill di Inggris yang pertama kali mempunyai ide menciptakan mesin tik. Namun, penemuannya tidak bertahan lama.



Selanjutnya, tahun 1829 William Burt asal Detroit membuat sebuah konsep mesin tik dengan penataan karakter huruf yang disusun berputar. Tetapi, karena proses mengetik menjadi lebih lama ketimbang menulis tangan, akhirnya penemuannya tersebut tidak bisa bertahan lama.

Difference Engine dan Analytical Engine



Karena sering terdapat kesalahan saat melakukan penghitungan dengan menggunakan tabel matematika, seorang matematikawan asal Inggris Charles Babbage pertama kali mengemukakan gagasan tentang komputer yang dapat diprogram. Dia berniat untuk mengembangkan cara melakukan perhitungan secara mekanik untuk mengurangi kesalahan penghitungan.



Konsep komputer pertama adalah difference engine yang didesain Charles pada tahun 1822, namun sebagian mesin yang dikembangkannya tidak selesai. Sebagai kelanjutan dari karya sebelumnya, pada tahun 1834 Charles kembali mendesain analytical engine yang merupakan cikal bakal dari konsep komputer.

Related Posts

Subscribe Our Newsletter

Belum ada Komentar untuk "CIKAL BAKAL KOMPUTER"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel